Masyarakat Standarisasi Indonesia

INFO SINGKAT STANDARDISASI

Februari 2015

INFO SINGKAT STANDARDISASI ini diperuntukkan bagi anggota MASTAN agar dapat mengikuti informasi tentang standardisasi. Informasi yang dicakup dalam INFO SINGKAT STANDARDISASI diperoleh dari publikasi lembaga standardisasi internasional seperti ISO, IEC serta CODEX. Selain itu juga, diambil dari publikasi lembaga standar mancanegara seperti BSI, DIN, ANSI. Atau juga asosiasi seperti ASTM. INFO SINGKAT STANDARDISASI juga menginformasikan kegiatan standardisasi di Indonesia, terutama dalam hal perumusan dan penerapan SNI.

Frekuensi publikasi INFO SINGKAT STANDARDISASI irregular disesuaikan dengan kebutuhan penyampaian informasi standardisasi bagi anggota MASTAN.

INFO SINGKAT STANDARDISASI ini disusun dengan tujuan untuk mendekatkan informasi standardisasi bagi anggota MASTAN, sehingga dengan demikian anggota MASTAN dapat memberikan kontribusi dalam kegiatan standardisasi secara tepat.

BERITA STANDAR LINGKUNGAN

Mengawali tersusunnya INFO SINGKAT STANDARDISASI, informasi yang akan disajikan adalah informasi yang terkait dengan standar manajemen pengelolaan lingkungan. Lembaga sandar internasional ISO, pada tahun 2014 sedang mempersiapkan revisi dri ISO 14001.

ISO telah melakukan survei tentang 14001 yang hasil surveinya digunakan sebagai masukan dalam proses revisi ISO 14001. Dari hasil survei diperoleh tanggapan tentang isu yang memerlukan perhatian, yaitu : 1. Pengendalian dan pengurangan polusi; 2. Strategi untuk efisiensi pemanfataan sumber daya serta pengurangan sampah dan polusi; dan 3. Identifikasi dan evaluasi aspek lingkungan terkait siklus hidup produk dan jasa.

ISO 14001 telah telah sampai pada Final Draft International Standard (FDIS) dengan memperoleh persetujuan 92% pada akhir th 2014.

Versi baru ISO 14001 akan melihat lebih fokus pada:

  1. Pengelolaan lingkungan strategis
  2. kepemimpinan
  3. Melindungi lingkungan
  4. kinerja lingkungan
  5. Pemikiran terhadap siklus kehidupan

ISO 14001 pada tahap FDIS ini berarti bahwa para ahli melakukan revisi standar berdasakan semua masukan yang diterima selama konsultasi publik pada tahap sebelumnya, yaitu (DIS) pada pertemuan yang akan diselenggarakan tanggal 02-07 Februari 2015 di Tokyo. Hasilnya akan menjadi rancangan akhir, yang akan diajukan untuk pemungutan suara. Setelah disetujui, standar akan dipublikasikan. Versi baru ini diharapkan dapat dipubilkasikan pada akhir 2015.

Bagi anggota MASTAN yang menginginkan artikel aslinya dapat membuka website ISO (www.iso.org)

Sekretariat MASTAN
Sekretariat : Gedung 1 BPPT, Lantai 13,
Jl. M. H. Thamrin No.8 Kebon Sirih, Jakarta Pusat 10340
Telp. +62 21 3927422/3927433;
Fax . +62 21 3927527/3927528
Website : http://mastan.or.id, E-mail : mastan@bsn.go.id ; direks.mastan@bsn.go.id

admin

View more posts from this author