Masyarakat Standardisasi Indonesia

ISO 21001: Status dan Standar Internasional yang Terkait

ISO 21001 merupakan alat manajemen bersifat umum untuk organisasi yang menyediakan layanan dan produk pendidikan yang mampu memenuhi kebutuhan dan persyaratan peserta didik dan pelanggan lainnya. ISO 21001 adalah standar sistem manajemen yang berdiri sendiri, selaras dengan ISO standar sistem manajemen lainnya (seperti ISO 9001, ISO 14001, dll.) yang memiliki struktur tingkat tinggi. Standar ini sudah diadopsi BSN menjadi SNI ISO 21001:2018 Organisasi pendidikan — Sistem manajemen organisasi pendidikan — Persyaratan dengan panduan penggunaan.  Agar pengguna standar yang umumnya adalah organisasi pendidikan dapat mengetahui ISO 21001 atau SNI ISO 21001 dan stadar terkait lainnya, maka kali ini MASTAN akan memaparkan status standar internasional terkait sektor  pendidikan yang dapat memberikan informasi, baik bagi organisasi pendidikan negeri ataupun swasta, maupun bagi organisasi pendidikan formal maupun non formal. Sehingga dengan memahami ISO 21001 dan keterkaitan dengan standar atau laporan teknis terkait sector pendidikan, maka organisasi pendidikan dapat merancang model system manajemen untuk sector pendidikan secara efisien dan efektif. Disamping itu, Komite Teknis BSN juga dapat mengikuti perkembangan setiap standar ISO yang diadopsi, sehingga dapat melakukan persiapan proses adopsi dengan baik jika diperlukan.

Standar internasional sector Pendidikan terkait ISO 21001

ISO 29995:2021 Education and learning services — Vocabulary

Dokumen ini bertujuan untuk memberikan referensi bagi pengguna standar dan pengembang (developers), dan untuk memfasilitasi komunikasi dan pemahaman umum tentang istilah di dalam bidang layanan pendidikan dan pembelajaran dan lingkup dari ISO/TC 232.

ISO 29994:2021 Education and learning services — Requirements for distance learning

Dokumen ini menjelaskan persyaratan untuk layanan pendidikan jarak jauh yang tidak dijelaskan dalam ISO 29993.

ISO 29991:2020 Language-learning services — Requirements

Dokumen ini menjelaskan persyaratan untuk layanan pembelajaran bahasa. Cakupan standar ini termasuk layanan pembelajaran bahasa yang ditujukan baik untuk pembelajar bahasa itu sendiri maupun pihak berkepentingan yang mendapat/menyewa/membeli (acquiring) layanan tersebut untuk manfaat pembelajar. Ciri kunci dari layanan ini adalah: tujuan pembelajaran yang didefinisikan dan dievaluasi, dan layanan yang melibatkan interaksi dengan pembelajar. (Sudah diadopsi BSN menjadi SNI ISO 29991:2014 Layanan pembelajaran bahasa di luar pendidikan formal — Persyaratan (ISO 29991:2014, IDT)

ISO 29992:2018 Assessment of outcomes of learning services — Guidance

Dokumen ini memberikan panduan tentang perencanaan, pengembangan, penerapan, dan peninjauan dari penilaian hasil [pengetahuan, kompetisi, kinerja] dari layanan pembelajaran. Standar ini ditujukan untuk digunakan oleh organisasi penyedia layanan pembelajaran dan organisasi yang berkecimpung dalam pemilihan, penggunaan, atau pengembangan penilaian. (Sudah diadopsi BSN menjadi SNI ISO 29992:2018 Penilaian hasil layanan pembelajaran — Panduan (ISO 29992:2018, IDT))

Dokumen ini dapat diterapkan dalam pengembangan dan penggunaan penilaian untuk mengukur hasil dari pembelajar individu dan penggunaan penilaian untuk menentukan kemajuan dari pembelajar.

Dokumen ini tidak dapat diterapkan untuk penilaian langsung dari program instruksi atau evaluasi penyedia layanan pembelajaran. Dokumen ini juga tidak mempertimbangkan persyaratan teknologi untuk penyampaian penilaian.

ISO 29993:2017 Learning services outside formal education — Service requirements

Dokumen ini menjelaskan persyaratan untuk layanan pembelajaran di luar pendidikan formal, termasuk seluruh jenis pembelajaran seumur hidup (mis. latihan vokasi dan pelatihan perusahaan, baik yang di-outsource maupun oleh perusahaan sendiri). Ini termasuk penyedia layanan pembelajaran yang ditujukan baik untuk pembelajar itu sendiri maupun pihak berkepentingan yang mendapat/menyewa/membeli (acquiring) layanan tersebut untuk pembelajar. Ciri kunci dari layanan ini adalah: tujuan pembelajaran yang didefinisikan dan dievaluasi, dan layanan yang melibatkan interaksi dengan pembelajar.(Sudah diadopsi BSN menjadi SNI ISO 29993:2017 Layanan pembelajaran di luar pendidikan formal — Persyaratan layanan (ISO 29993:2017, IDT))

Dokumen ini tidak ditujukan untuk sekolah dan perguruan tinggi yang memberikan pembelajaran sebagai bagian dari sistem pendidikan formal, namun dapat digunakan sebagai alat untuk refleksi dan evaluasi diri.

ISO 29991:2014 Language learning services outside formal education — Requirements [WITHDRAWN]

ISO 29991:2014 menjelaskan persyaratan untuk layanan pembelajaran bahasa di luar pendidikan formal.

ISO 29990:2010 Learning services for non-formal education and training — Basic requirements for service providers [WITHDRAWN]

IISO 29990:2010 menjelaskan persyaratan dasar untuk penyedia layanan pembelajaran dalam pendidikan dan pelatihan non-formal.(Digantikan dengan ISO 21001:2018)

ISO/AWI TR 29996 EDUCATION AND LEARNING SERVICES – DISTANCE AND DIGITAL LEARNING SERVICES (DDLS) – CASE STUDIES [Status UNDER DEVELOPMENT]

STATUS ISO 21001:2018 Educational organizations — Management systems for educational organizations — Requirements with guidance for use

Status ISO 21001 di ISO dipublikasikan pada bulan Mei th 2018, menggantikan ISO 29990:2010 Learning services for non-formal education and training — Basic requirements for service providers. ISO 21001:2018 akan ditinjau kembali setelah 5 tahun dari saat diterbitkan.

ISO/TC 232 Education and learning services, komite yang bertanggungjawab atas standar internasional sector pendidikan saat ini sedang mengelola standar dan/atau proyek sebagai berikut:

  1. ISO/AWI 21001 Educational organizations — Management systems for educational organizations — Requirements with guidance for use (status sebagai New project registered in TC/SC work programme) yang nantinya akan menggantikan ISO 21001:2018

(Sumber: https://www.iso.org/standard/82671.html)

  1. ISO/DTS 21030 Educational organizations — Requirements for bodies providing audit and certification of educational organizations management systems (status CD study/ballot initiated)

(Sumber: https://www.iso.org/standard/81529.html )

  1. ISO/AWI TR 29996 Education and learning services – Distance and digital learning services (DDLS) – Case studies (status New project approved) (Sumber: https://www.iso.org/standard/84456.html)

Demikian informasi seputar ISO 21001 dan standar internasional lain yang terkait. (RAP/nus)

admin

View more posts from this author